Jumat, 31 Januari 2014

NILAI-NILAI TASAWUF DALAM PENDIDIKAN ISLAM: Solusi Mengantisipasi Krisis Spiritual di Era Globalisasi



ABSTRAK


IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TASAWUF DALAM PENDIDIKAN ISLAM
(Solusi Mengantisipasi Krisis Spiritual di Era Globalisasi)
Disertasi ini difokuskan pembahasannya pada urgensi implementasi nilai tasawuf dalam pendidikan Islam, peranan tasawuf sebagai terapi spiritual mengantisipasi problem sosial di era global, dan upaya yang harus dilakukan dalam mengantisipasi krisis spiritual di era globalisasi berdasarkan ajaran tasawuf melalui pendidikan Islam.
Pendidikan Islam dan tasawuf dalam berbagai aspek, memiliki tujuan yang sama, yakni berupaya mendekatkan manusia kepada Allah swt dan  mewujudkan insan kamil pada dirinya dalam arti luas, sehingga yang bersangkutan meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Oleh sebab itu, implementasi nilai tasawuf dalam pendidikan Islam terutama di era globalisasi yang ditandai dengan krisis spiritual, sangat penting untuk dikaji secara cermat dan mendalam.
Metode pembahasan yang digunakan dalam disertasi ini, adalah library research dengan menggunakan pendekatan teologis normatif, filosofis, paedagogis, psikologis, dan sosio kultural. Data yang diperoleh melalui research (kepustakaan), diolah dan dianalisis secara deduktif, induktif, dan komparatif.
Dengan penggunaan metode pembahasan seperti yang telah disebutkan di atas, maka hasil akhir disertasi ini merumuskan bahwa implementasi nilai tasawuf dalam pendidikan Islam memiliki arti penting karena dengannya mampu memperkuat spiritualisme keagamaan di era globalisasi yang dihadapi masyarakat. Di sisi lain, implementasi nilai tasawuf dalam pendidikan Islam dianggap mampu mengantisipasi problem sosial di era globalisasi ini. Sekaitan dengan itulah, maka langkah-langkah strategis yang harus diupayakan adalah menerap-kan nilai-nilai tasawuf melalui jalur pendidikan informal, formal, dan non formal. Cara yang demikian, merupakan konsep pendidikan Islam berorientasi tasawuf yang ditawarkan dalam disertasi ini, dan dianggap sebagai terapi spiritualisme di era globalisasi.
FB. Mahmud Suyuti محمود سيوطي
Tel: 04119118374
HP: 08114118374

Tidak ada komentar:

Posting Komentar